Benda Aneh Lengkap Dengan GPS Terdampar di Rote

Benda Aneh Yang Dievakuasi Ke Pantai Dusun Fedok, Desa Oelolot, Kecamatan Rote Barat. Gambar Diambil Beberapa Waktu Lalu. (Foto: Ian Aplugi).

AKTUAL, Rote - Sebuah benda aneh lengkap dengan GPS terdampar di Perairan Desa Oelolot, Kabupaten Rote Ndao. Benda aneh tersebut, ditemukan warga dan ditarik ke Pantai, Dusun Fedok.

Kepala bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Jeskiell M. Nalle, saat diwawancarai RRI, Jumat (22/3/2024) menjelaskan, benda tersebut ditemukan warga pada 6 Maret 2024. 

"Benda itu dilengkapi seperti GPS, jadi bisa dikontrol ke mana arahnya, antena satelitnya juga mati," ucap pria yang akrab disapa Jes Nalle.

Jes Nalle menjelaskan, ciri-ciri benda tersebut memiliki lebar 80 cm, panjang sekitar 3 meter. Benda tersebut terbuat dari besi.

"Saya menduga barangnya itu didesain terapung dan tidak ada penggerak, seperti baling-baling tidak ada. Untuk sementara barang tersebut sudah diamankan oleh Lanal Rote," ucap Jes Nalle.

Benda aneh tersebut pertama kali dievakuasi oleh seorang warga Vedok, Christian Giri (42) ke daratan. Anehnya benda itu berisi ribuan buku kecil, tulisannya dalam bahasa Somalia.

"Saya ditelepon jam 7 malam oleh keluarga sendiri yakni sepupu di Dusun Fedok, Desa Oelolot. Sepupu saya menceriterakan bahwa ada ketemu sebuah benda jam 8 pagi," kata Jes Nalle.

Beberapa bagian dari benda tersebut bentuknya seperti kotak dan kedap air, lalu terkancing dengan baut. Hal tersebut memancing rasa penasaran warga setempat.

"Begitu dibuka di dalamnya ada banyak buku dengan kulit berwarna biru tidak terlalu tebal. Ukurannya kecil, dikemas dalam plastik kedap air atau vacuum sealer," ujar Jes Nalle.

Ketika tiba di tempat, Jes Nalle langsung mendokumentasikan dengan masyarakat setempat. Jes menyebut, jumlah buku kira-kira lebih dari 1.000-an.

"Di dalam buku itu tertulis dalam bahasa Somalia, di dalamnya itu adalah Injil Lukas dan Injil Markus. Tulisannya dalam bahasa Somalia, Injilika Sida Luukos dan Falimaha Rasuullada," ucap Jes Nalle. (LA)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama